Jumat, 03 Agustus 2012

RUMAH RAMAH LINGKUNGAN "30% area hijau dalam fasade"


30% area fasade kami gunakan area rambat vegetasi hijau
banyak orang menyenal kota surabaya bersuhu "panas". tetapi kami lebih suka menyebutnya hangat walaupun di atas rata2 ....hehehehe

anjuran perda tentang koefisien dasar bangunan dan lahan dengan proporsi 70 banding 30 persen meng"ide" kami untuk mengaplikasikannya kedalam fasade desain kami yang terbaru.


selain bermanfaat sebagai peredam suhu luar yang relatif panas disiang hari ,adanya vegetasi hijau membuat tampak bangunan lebih terasa dekat dengan alam.
pendingin berupa koridor tengah dengan filter vegetasi hijau
kemudian pada area tengah fasade terdapat koridor yang membelah menjadi satu vocal point tersendiri terhadap tampilan rumah.

koridor berfungsi sebagai sirkulasi dari dan ke lantai 2. selain itu koridor juga berfungsi mengalirkan udara dari dan ke luar bangunan rumah .


secara teori dengan adanya sirkulasi udara yang mengalir dari dan ke dalam ruangan maka akan dapat mengurangi naiknya suhu pada satu ruangan.
skema aliran sirkulasi udara
hal ini yang membuat kami yakin akan ke efektifan dari koridor pendingin yang kami tempatkan pada area tengah massa ,baik secara vertical dan horisontal.

skema aliran sirkulasi udara
walaupun penurunan suhu yang terjadi tidak membuat sang penghuni rumah tidak menyalakan ac ( di kamar ) ....tetapi hal ini memberikan satu solusi kecil terhadap kenaikan suhu didalam rumah , semoga hal ini bisa bermanfaat bagi anda dan hunian kita.....:)