Sabtu, 30 Juni 2012

Rumah "Islami Modern" 2


rumah tinggal yang bernafaskan "ke islam an", itu lah tema yang kami sepakati dengan sang pemilik rumah.
setelah melalui proses konsultasi yang panjang kami menemukan satu benang merah bahwa katifitas religius sangat mendominasi keluarga ini.






berarti di butuhkan suatu ruang sholat dan dzikir yang nyaman dan repersentatif tentunya.........hmmmm sangat menarik, melihat hal yang sering kita jumpai dibanyak tempat sholat yaitu sajadah yang dimiringkan kearah qiblat.
hal ini menjadi ide pertama kali untuk membuat satu inti dari rumah yaitu ruang mushollah yang dihadapkan sesuai arah qiblat yang tepat  (ka"bah).

musholah kita tempatkan di lantai 2 dari rumah dan berada di tengah depan zoning pembagian ruang. alhasil kami menemukan keasikan dalan membuat olah geometri dari hunian ini. satu sisi menghadap ke jalan utama dan sisi tengah lantai2 menghadap kearah qiblat.

dengan bantuan GPS ,hal ini tidaklah susah. dengan menarik sumbu koordinat lokasi dan di teruskan kearah qiblat .maka ditemukan titik akurasinya yang kami jadikan acuan untuk menghadapkan dinding musholah dan penghuni tidak lagi memiringkan sajadahnya untuk melaksanakan sholat .dan semoga sedikit ide kami ini dapat diaplikasikan di rumah rumah anda........insyaallah,amin.